Penjelasan Jenis-jenis Asuransi Dalam Kehidupan, Ketahui Manfaat di Dalamnya!

lifepal.co.id

Dalam kehidupan sehari-hari adakalanya seseorang merasa kurang dalam kebutuhannya ataupun tidak mempunyai biaya sama sekali. Faktor utama yang sering muncul ialah karena kekurangan dana dan tidak bisa mengelola uang dengan baik. Dua masalah tersebut sudah menjadi makanan sehari-hari dalam beraktivitas.

Berbicara tentang mengatur keuangan dan pemanfaatannya yang lebih efisien, kamu harus mencari cara baru untuk melakukannya. Sebut saja cara tersebut ialah asuransi, sebuah layanan sosial yang berkecimpung di dunia finansial masyarakat itu sendiri. Mau tahu apa sih pengertian asuransi dan jenis asuransi yang ada? Langsung saja berikut ulasannya!

Pengertian Asuransi

Seperti yang sudah dikatakan diatas, kebanyakan orang pasti terlibat dengan permasalahan di bidang keuangan. Salah satu contohnya ialah kurangnya dana atau bahkan tidak memiliki sepeser pun untuk biaya hidup. Kedua hal ini sangat fatal, namun dapat dicegah dengan asuransi. Nah apa itu asuransi?

Asuransi sendiri ialah sebuah layanan dimana kamu bisa menyimpan uang untuk keperluan lainnya. Dalam artian uang yang disimpan disini bisa jadi ditabung dan dipegang oleh pihak asuransi terkait, supaya saat kamu sedang benar-benar membutuhkan biaya yang sudah kamu tabung ke pihak asuransi akan digunakan sebagai biaya bantu. Dengan begitu secara tak langsung asuransi sangat berperan penting dalam mempermudah aktivitas.

Seperti misalnya saat kamu menggunakan sebuah jasa asuransi ke pihak yang terkait, maka untuk setiap waktu yang ditentukan kamu akan membayar sejumlah uang dimana uang tersebut akan ditabung. Tetapi jangan khawatir uang itu akan hilang, melainkan uang tersebut akan digunakan atau diberikan kepada kamu saat benar-benar dalam kondisi yang terdesak akan sebuah masalah.

Jenis-jenis Asuransi

Setelah kamu mengetahui tentang apa itu yang dinamakan dengan asuransi, maka akan lebih baik jika kamu juga mengetahui apa saja jenis asuransi yang terdapat di kehidupan sehari-hari. Langsung saja berikut daftarnya:

1. Asuransi pendidikan 

Yang pertama ada asuransi pendidikan, dimana salah satu anggota keluarga yang masih dalam tahap belajar di bangku sekolah dapat menerima bantuan ini. Simpelnya saja asuransi pendidikan ini berfungsi ketika peserta didik mendapatkan sesuatu yang tak diinginkan seperti kematian anggota keluarga yang secara tak langsung akan menghambat uang sekolah.

Nah disinilah fungsinya asuransi pendidikan, dengan begini maka jika terdapat peserta didik yang tengah mengalami kesulitan dalam masa belajar, mereka akan mendapatkan bantuan dari uang asuransi tersebut. Dengan catatan si pewaris mempunyai aset milik yang mewariskan ketika belum wafat.

2. Asuransi Jiwa

Untuk yang kedua ini merupakan asuransi yang terkait dengan kondisi tubuh seseorang. Dalam artian para pemegang polis sebelum kematiannya dapat mengkalim dana yang telah masuk ke pihak asuransi untuk diberikannya kepada pihak keluarga yang lain. Selain kematian, para pemegang polis dapat mengambil dana asuransi ketika sedang sakit tiba-tiba dan tak memiliki biaya pengobatan. 

3. Asuransi Kesehatan

Yang terakhir ada asuransi kesehatan dimana asuransi jenis ini lebih terfokus kepada kesehatan dalam diri seseorang. Kamu dapat memilih asuransi jenis ini untuk perawatan tubuh ketika sakit. Jadi nantinya para pemegang polis akan mendapatkan klaim atas dana mereka disaat mengalami penyakit. Dengan ini kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang dengan banyak.

Nah itulah jenis asuransi yang bermanfaat saat ini dan sangat diminati oleh masyarakat. Dengan memakai asuransi, maka hidup yang akan kamu jalani tidak dihantui oleh rasa khawatir. Selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar