Apa Saja Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia? Kenali Disini!


Di Indonesia sendiri memang terdapat asuransi yang memberikan pertanggunggan atas tertanggung yang telah meninggal atau hidupnya bergantung dari manfaat yang diberikan oleh pihak penyedia asuransi. Untuk itu, jika anda hendak memiliki asuransi, sebaiknya cari tahu jenis asuransi yang ada di Indonesia berikut ini.

Beragam Asuransi yang Wajib Untuk Anda Miliki

1. Asuransi Kendaraan

Asuransi pertama yang perlu untuk anda miliki adalah asuransi kendaraan. Dengan memiliki jenis dari asuransi ini akan mampu menangani tanggungan atas masalah lalu lintas yang bisa terjadi kapan saja. Ketika mengalami kecelakaan, tentu saja akan bisa mengakibatkan cedera kepada orang lain ataupun kerusakan kendaraan.

Dengan memiliki asuransi ini, akan mampu menanggung biaya kerugian yang ditimbulkan akibat kecelakaan. Biasanya, asuransi ini akan mengcover biaya berupa kehilangan atau kerusakan kendaraan bermotor tertanggung. Sehingga nantinya jika mengalami kecelakaan akan bisa untuk mendapatkan ganti sesuai dengan polis yang telah disepakati bersama.

2. Asuransi Pendidikan

Asuransi adalah salah satu bentuk jaminan di hari yang akan datang. Salah satu yang bisa anda miliki sebagai warga negara Indonesia adalah asuransi pendidikan. Hadirnya asuransi satu ini akan berfungsi untuk menjamin pendidikan anak, mulai dari sekolah hingga pendidikan di universitas.

Ketika anda telah mendaftarkan anak untuk mengikuti asuransi pendidikan, hal ini tentu saja akan mampu meringankan biaya yang mungkin dibebankan ketika masuk kuliah pertama kali. Seperti  yang anda tahu, memasuki masa kuliah tentu saja biaya yang diperlukan cukup banyak. Dengan hadirnya asuransi pendidikan ini akan bisa mengurangi beban biaya yang diperlukan.

3. Asuransi Kesehatan

Berikutnya, terdapat asuransi kesehatan yang wajib untuk anda miliki. Fungsi asuransi adalah untuk memberikan tanggungan atas biaya berobat atau pemeriksaan yang dilakukan oleh tertanggung. Sehingga, ketika anda memiliki produk asuransi ini, penanggung akan mampu untuk mendapaykan biaya perawatan polis apabila terjadi masalah kesehatan.

Contohnya seperti ketika tertanggung mengalami cidera, sakit, cacat, kecelakaan hingga menderita penyakit yang kritis, maka pihak asuransi akan bisa mengcover biaya sesuai dengan polis yang dibayarkan. Dengan menggunakan asuransi kesehatan ini, akan mampu untuk mengurangi biaya yang dibebankan ketika sedang berobat.

4. Asuransi Jiwa

Selanjutnya, terdapat asuransi jiwa yang memiliki fungsi yakni memberikan tanggungan pembayaran kepada penerima polis atau tertanggung bila tertangggung meninggal dunia atau dalam kondisi lain yang mana berhak menerima pembayaran atas pemegang polis tersebut. Dengan menggunakan asuransi ini akan membuat keluarga tertanggung yang meninggal bisa mendapatkan jaminan.

5. Asuransi Kepemilikan Rumah atau Properti

Ada pula asuransi kepemilikan rumah atau property yang sebaiknya anda pulih. Dengan menggunakan asuransi ini akan melindungi asset yang dimiliki oleh tertanggung dari kerusakan ataupun kehilangan rumah dan property. Tidak hanya itu saja, fungsi asuransi adalah untuk melindungi barang barang tertentu yang ada di dalam rumah maupun property yang tertanggung.

Sehingga ketika seseorang memiliki asuransi jenis satu ini, tentu saja akan banyak manfaat yang bisa untuk didapatkan. Asuransi jenis inin juga akan melindungi tertanggung dari adanya kerugian yang disebabkan oleh musibah. Contohnya seperti kebakaran maupun kebanjiran. Untuk itu, penting memiliki asuransi kepemilikan rumah atau property.

Asuransi memang memiliki peranan yang sangat penting. Dengan mempunyai asuransi, maka akan mampu meringankan beban atas musibah yang tiba tiba saja terjadi. Sebut saja seperti  kecelakaan, dana simpanan untuk pendidikan dan kejadian lain. Namun, anda juga sebaiknya memiliki tabungan atau berinvestasi sebagai bentuk antisipasi apabila asuransi tidak bisa mengcover biaya dalam waktu yang dekat.

Posting Komentar

0 Komentar