3 Macam Metode Pembayaran Biaya Asuransi Jenis Kesehatan


Belakangan ini asuransi kesehatan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Sebab hampir semua bidang sekarang memberikan jaminan kesehatan bagi setiap individu yang bekerja. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud asuransi kesehatan dan apa saja metode yang ditawarkan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa yang Dimaksud Asuransi Jenis Kesehatan?

Jadi yang dinamakan dengan asuransi jenis kesehatan adalah produk dari asuransi yang secara khusus memberikan jaminan biaya kesehatan dan juga perawatan bagi para anggotanya. Biasanya jenis asuransi ini akan diberikan pada saat individu mengalami sakit ataupun kecelakaan.

Bagian dari asuransi yang satu ini juga akan memberikan bantuan akan ketersediaan berbagai macam kebutuhan biaya dokter, rawat inap, berbagai macam obat-obatan, bahkan yang paling penting hingga mencakup kegiatan operasi. Umumnya kartu yang satu ini akan dipakai jika seseorang sewaktu-waktu jatuh sakit, maka pihak yang akan bertanggung jawab adalah bagian asuransi. 

Agar bisa memperoleh jaminan atau biasa disebut dengan asuransi jenis kesehatan ini, maka seseorang harus menyetorkan berbagai macam syarat terlebih dahulu. Syarat yang dimaksud untuk mendaftar asuransi kesehatan antara lain adalah salinan atau fotocopy yang sudah disahkan dari SK pangkat terakhir. Selain itu juga slip gaji, KK, KTP, surat nikah, dan juga foto 2 x 3.

Usia yang masuk dalam kategori asuransi jenis kesehatan nini yaitu maksimal 65 tahun. Sedangkan untuk unit link, bisa digunakan dengan batasan yang lebih longgar yaitu 70 tahun. Namun jangan khawatir, untuk pertanggungan asuransi ini bisa di diperpanjang hingga batasan usia tertentu.
 
Metode Pembayaran Biaya untuk  Asuransi Jenis Kesehatan  

1. Reimbursement

Metode pembayaran yang pertama yaitu bisa dengan reimbursement. Dimana dengan menggunakan metode yang satu ini bakal memberikan banyak manfaat seperti penggantian biaya pengobatan sesuai dengan tagihan yang diberikan pihak rumah sakit. Maka dari itu anda bisa akan diberikan banyak kemudahan di dalamnya atas rincian yang diberikan.

Agar lebih mudah, pada dasarnya ada beberapa ciri dari metode pembayaran yang satu ini. Dimana untuk biaya asuransi atau pengobatannya bakalan ditanggung terlebih dahulu, jika sudah maka nanti akan di ajukan klaim ke pihak asuransi terkait. Selain itu ciri lainnya adalah memberikan penggantian biaya pengobatan yang sesuai dengan plafon.

2. Cash Plan

Setelah paham akan reimbursement, amka kini anda juga harus tahu dengan metode pembayaran yang kedua yaitu cash plan. Dimana untuk polis asuransi jenis ini akan memberikan santunan harian selama menjalankan kegiatan rawat inap di rumah sakit. dengan kata lain, maka untuk cash plan ini hanya akan memberikan manfaat dari penggantian biaya pengobatan rawat inap.

Ciri dari cash plan ini yaitu memberikan pembayaran manfaat berupa santunan, tidak ditentukan oleh bagian tagihan rumah sakit terkait, dan juga bakal ditawarkan sebagai asuransi pelengkap. Tidak hanya itu, untuk cash plan ini juga bisa dikatakan sebagai pengganti penghasilan, sehingga pihak nasabah juga perlu untuk melakukan klaim.

3. Cashless

Cara pembayaran biaya asuransi yang terakhir yaitu dengan metode cashless yang akan memudahkan para nasabah. Dikatakan demikian karena pada saat di rawat di rumah sakit, ia tidak perlu khawatir tidak mempunyai uang tunai. Pasalnya dengan metode ini, maka pihak asuransi bakal membayarkan secara langsung pada pihak rumah sakit terkait.

Kesimpulannya bahwa asuransi jenis kesehatan adalah produk dari asuransi yang secara khusus memberikan jaminan biaya kesehatan dan juga perawatan bagi para anggotanya. Dimana untuk tata cara pembayarannya dibagi menjadi 3 mulai dari reimbursement, cash plan, dan juga cashless. 

Posting Komentar

0 Komentar