Yuk Cari Tahu Jenis dan Cara Menghilangkan Milia Dengan Mudah


Milia merupakan benjolan kecil putih yang berkelompok dan biasanya akan hadir di dekat mata. Beberapa daerah seperti hidung, pipi atau kelopak mata juga bisa menjadi tempat hadirnya milia. Banyak yang menganggap jika milia merupakan bruntusan. Padahal berbeda, ada beberapa jenis dan juga cara menghilangkan milia yang bisa anda coba.

Mengenal Jenis Jenis Milia dan Cara Mengatasinya

1. Definisi Milia

Milia adalah nama untuk sekelompok benjolan kecil yang umumnya berwarna putih. Disebut juga dengan kista kecil yang dibagi dalam beberapa jenis. Bisa dibagi dalam kategori usia, lokasi munculnya sampai penyebabnya. Selain itu juga dibagi dalam kategori primer dan juga sekunder. 

Untuk milia primer biasanya terbentuk lantaran keratin yang terperangkap pada bawah kulit dan bisa ditemukan pada orang dewasa juga bayi. Sementara untuk kategori sekunder bentuknya akan mirip dengan primer. Tetapi akan berkembang setelah menyumbat saluran pada permukaan kulit, seperti kondisi setelah terbakar, kulit melepuh ataupun terbakar.

2. Jenis Jenis 

Tidak hanya dibagi dalam beberapa kategori, sebelum anda tahu cara menghilangkan milia juga harus tahu jenis jenisnya. Jenis yang pertama yakni milia neonatal, dimana jenis ini akan muncul pada bayi setelah lahir. Milia ini merupakan kelenjar keringat yang masih belum berkembang. Dianggap milia yang wajar dan nantinya akan hilang sendiri.

Ada juga jenis en plaque, menjadi jenis milia yang sangat langkah. Akan tumbuh berkembang berdempetan dan membuat permukaan kulit terlihat meninggi. Umumnya juga akan menggumpal layaknya kulit mati. Akan muncul pada beberapa tempat mulai dari kelopak mata, pipi, belakang telinga sampai rahang. Dan banyak muncul pada wanita paruh baya.

Jenis yang berikutnya multiple eruptive yang termasuk langka dan bisa hilang dalam jangka berminggu minggu atau bulan. Sementara untuk jenis juvenile bisa karena kelainan genetik. Sebenarnya milia tidak berbahaya dan juga bisa dihilangkan dengan bantuan AFK Beauty skincare misalnya. Anda juga bisa memeriksakan langsung ke dokter untuk tahu jenisnya.

3. Cara Untuk Menghilangkannya

Menjadi kondisi umum yang terjadi, sebenarnya tidak sulit untuk menghilangkan bercak putih mirip bruntusan ini. Anda bisa menggunakan krim retinoid untuk bisa mengurangi ataupun menghilangkan milia. Nantinya retinoid dalam bentuk krim ini akan membantu untuk mengelupas kulit dengan lebih efektif, tentu yang mengelupas bagian kulit mati.

Tidak hanya itu retinoid juga akan mencegah adanya sumbatan keratin di bawah permukaan kulit. Penggunaan krim retinoid dianjurkan satu minggu satu kali saja. Kemudian juga bisa menghilangkan dengan rajin membersihkan wajah. Pastikan proses pembersihan wajah menggunakan sabun wajah yang memang cocok dengan kulit dan memiliki kandungan yang baik.

Agar hasilnya lebih maksimal, anda juga bisa mengimbangi dengan eksfoliasi kulit. Cara ini biasanya juga dilakukan seminggu sekali dengan eksfoliasi yang aman. Produk yang digunakan biasanya mengandung asam glikolat dan asam salisilat. Seperti pada produk AFK Beauty skincare. Dimana formulanya sudah sesuai ketentuan dan aman untuk eksfoliasi.

Dan yang paling penting, pastikan anda tidak mengotak atik milia pada wajah anda. Jangan sampai untuk memencet ataupun mengikisnya. Hal ini justru akan memberikan luka yang nantinya juga bisa meninggalkan bekas. Belum lagi resiko bakteri karena anda memencetnya dengan tangan yang tidak bersih.

Milia atau bintik putih pada wajah memang tidak berbahaya. Umumnya juga akan hilang sendirinya dalam jangka waktu yang berbeda setiap orang. Namun jika anda melakukan beberapa langkah untuk menghilangkannya, tentu akan semakin cepat prosesnya. Pastikan untuk langsung ke dokter apabila ada gejala lain yang muncul. 

Posting Komentar

0 Komentar