Mengenal Video Explainer Dan Hal Yang Harus Diperhatikan


Konten berupa video terbukti lebih menarik daripada tulisan dan gambar jaman sekarang. Hal ini juga yang menjadikan video sebagai media promosi dan penyampaian informasi yang masif. Banyak platform media sosial yang lebih mengedepankan konten video untuk kontennya. Berikut adalah informasi Video Explainer sebagai media promosi untuk anda. 

Mengenal Tentang Explainer Video

Explainer Video adalah suatu jenis video animasi sederhana. Video singkat ini akan diiringi dengan keterangan tentang produk yang tercantum dalam video tersebut. Produk yang ditampilan bisa digunakan untuk keperluan bisnis , menerangkan produk dan jasa maupun terkait suatu program. Keterangan akan dicantumkan secara sederhana dan mudah dipahami. 

Menggunakan Explainer Video akan memudahkan penjelasan bisnis anda maupun perusahaan. Hal ini karena konten yang berbentuk video akan lebih banyak menarik audience daripada konten tulisan atau gambar saja. Sehingga cara membuat konten berupa video ini bisa berkembang hingga menjadi salah satu media pembelajaran dan marketing yang efisien. 

Namun dalam membuat video untuk kepentingan bisnis atau marketing harus memperhatikan beberapa hal. Hal penting ini akan menentukan kualitas video yang akan dibuat. Selain itu, kualitas video yang baik dengan mempertimbangkan detail yang menarik akan menaikkan view video tersebut karena penonton akan lebih nyaman saat melihat video tersebut. 

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Video 

1. Singkat

Durasi video akan menentukan kenyamanan penonton. Video yang dibuat terlalu panjang dengan konten yang bertele tele tentu akan membuat bosan. Namun video dengan durasi singkat dengan penyampaian konten yang cepat tentu akan membuat pesan tidak tersampaikan. Sehingga durasi video animasi yang anda buat harus dipertimbangkan efisiennya. 

Rata rata durasi video yang baik dan efisien adalah sekitar 90 detik. Sedangkan untuk menarik perhatian penonton, selama 5 detik pertama anda harus membuat video awal dengan konsep yang menarik perhatian. Namun durasi video ini juga hendaknya lebih disesuaikan dengan kebutuhan konten yang akan disampaikan. 

2. Padat dan Fokus

Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa konten yang akan disampaikan dalam video yang anda buat haruslah efisien dan disesuaikan dengan durasi. Pesan yang dimaksud akan baik bila disampaikan dengan jelas dan lugas, sehingga tidak ada kesan bertele tele dalam penjelasan. Salah satu tips agar penjelasan lebih baik adalah dengan menggunakan metode naratif.
 
Anda bisa memulainya dengan pertanyaan sederhana seperti Apa, Bagaimana atau Kenapa. Dengan pertanyaan tersebut anda akan dengan mudah menyampaikan jawaban melalui penjelasan singkat. Sehingga kebutuhan atau keingintahuan penonton akan terjawab dengan baik dan langsung pada intinya dengan video animasi yang tepat.  

3. Warna dan Musik

Salah satu tips untuk membuat video anda lebih menarik adalah dengan memberikan warna dalam kontennya. Video juga akan mengedepankan bentuk visual sehingga pemilihan warna yang benar akan membuat video anda terlihat lebih menarik. Warna yang anda gunakan harus diusahakan konsisten agar terlihat lebih estetik. 

Selain warna, anda bisa menambahkan musik di dalam video anda. Hal ini akan membuat video anda lebih menarik dan membuat penonton betah. Selain itu, latar musik yang tepat akan membuat pesan yang akan disampaikan melalui konten video lebih sampai ke penonton. Video Explainer biasanya memiliki dua jenis musik seperti BGM dan SFX. 

4. Voice Over Talent

Tips lainnya adalah menggunakan Voice Over Talent. Keterangan yang akan dijelaskan dalam video akan lebih tersampaikan dengan bantuan suara. Hal ini akan membantu menurunkan penjelasan yang ditampilkan melalui tulisan. Sehingga pesan akan lebih tersampaikan dengan menarik. Itulah 4 tips dalam menggunakan explainer video agar hasil lebih maksimal. 

Posting Komentar

0 Komentar