Update Informasi terbaru

Senin, 27 Desember 2021

Mengintip Kelebihan Juga Kekurangan Sistem Pendidikan di Indonesia


Kualitas pendidikan suatu negara sangat penting karena nantinya akan menjadi penyokong kemajuan bangsa. Inilah alasan setiap negara menginginkan pendidikan terbaik agar bisa mencetak sumber daya manusia yang handal. Sistem pendidikan di Indonesia terbilang panjang dan juga ada kelebihan serta kekurangan dibalik penerapannya. Simak ulasannya.

Sistem Pendidikan Yang Ada di Indonesia

Sistem pendidikan yang diterapkan oleh Indonesia adalah sistem pendidikan nasional. Dimana semua semua jenjang, jenis pendidikan sampai jalur harus mengimplementasikan sistem yang telah digunakan. Salah satu programnya adalah Wajib Belajar 12 Tahun. Setiap anak harus menempuh pendidikan 6 tahun di Sekolah Dasar, 3 Tahun di SMP dan 3 tahun di SMA atau SMK.

Ada beberapa sistem lainnya yang juga sudah diterapkan di Indonesia. yang pertama adalah sistem pendidikan terbuka. Dengan sistem ini, peserta didik akan ditingkatkan inovasi, kreativitas dan juga kemampuan kerja sama dengan teman. Sistem terbuka ini akan menjadikan murid sebagai inti dari proses belajar mengajar. 

Dalam sistem pendidikan di Indonesia ini, semua murid akan diminta untuk mandiri serta bertanggung jawab. Mengambil inisiatif juga untuk mengelola proses belajar mengajar. Ada juga sistem edukasi beragam yang sistemnya disesuaikan dengan kekayaan bangsa. Jenis jenjang yang bisa dijadikan pilihan, jenjang non formal, informal dan formal.

Ada juga sistem lain yang bisa digunakan yakni orientasi nilai. Untuk sistem ini akan digunakan dari tingkat dasar dan fokus pada pendidikan karakter. Pelajaran ini terkait pada nilai nilai karakter dan bisa ditemukan pada PKn. Di Indonesia juga sistem pendidikannya akan mengikuti perubahan zaman. Dari masa ke masa kurikulum yang digunakan akan berbeda.

Tentu saja disesuaikan dengan kondisi dan situasi. Kurikulum di tahun 2013 yang menjadi hasil dari perubahan zaman. Menyempurnakan kurikulum sebelumnya yakni KTSP 2006. Tujuan perubahan ini untuk mengevaluasi tenaga pendidik dan juga memperbaiki sarana prasarana. Pendidikan yang ada di Indonesia juga mempelajari wisata budaya Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pendidikan di Indonesia

1. Biaya Yang Terjangkau

Bisa dikatakan jika pendidikan di Indonesia masih terbilang terjangkau. Terutama untuk para peserta didik negeri. Negara menanggung biaya fasilitas pendidikan dan 20% APBN dialokasikan pada pendidikan. Kemudian masih ada Biaya Operasional Sekolah yang secara khusus diberikan. Sehingga sekolah tidak boleh menagih iuran kepada wali murid.

Namun sayangnya masih ada kekurangannya yakni penyebaran sarana pendidikan yang masih belum merata. Diimbangi juga dengan tenaga pendidik yang masih belum tersebar di semua sekolah. Masih ada banyak daerah terpencil yang terbatas akan fasilitas dan para pengajar. Kebanyakan pengajar memilih bekerja di kota kota besar.

2. Kurikulum Bisa Mengikuti Jaman

Kurikulum memang tidak disusun oleh orang sembarangan, para ahli lah yang menyusunnya. Kemudian sistem pembelajaraan juga dilakukan dengan transparan. Sayangnya terkait kurikulum juga masih ada kekurangannya yakni yang mengandalkan teori teori saja. Masih banyak sekolah yang belum mengadakan praktikum.

Kegiatan mengunjungi wisata budaya di Indonesia yang mungkin hanya setahun sekali. Belum lagi ada sekolah yang tidak memberikan bekal hard skill ataupun soft skill. Apabila teori dan praktik bisa berjalan dengan seimbang tentu akan menghasilkan SDM yang lebih unggul. Indonesia juga memiliki sistem penerimaan yang mudah dibandingkan negara lain.

Mengubah sistem pendidikan langsung maju tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Ada banyak hal yang harus dibenahi agar bisa terwujud tujuan tersebut. Selain itu dibutuhkan juga  kerjasama semua pihak agar sistem pendidikan Indonesia semakin berkualitas. 

0 komentar:

Posting Komentar

CLOSE ADS
RajaBackLink.com
CLOSE ADS
RajaBackLink.com