5 Alasan Setiap Pemilik Bisnis Perlu Menggunakan Konsultan Pajak


Banyak orang bahkan sebagian pebisnis yang yang mengabaikan jasa konsultan pajak karena biayanya yang dianggap mahal. Padahal, konsultan pajak sangat bermanfaat bagi setiap badan usaha terutama yang sudah besar. 

Menurut situs beritasatu.com, konsultan pajak justru dapat membantu klien dalam menghemat pengeluaran terkait pajak karena klien dapat mengambil keputusan keuangan yang lebih tepat dan bijak, atau dengan kata lain minim kesalahan.

Keuntungan Menggunakan Konsultan Pajak

Inilah sejumlah keuntungan yang bisa didapat oleh para pemilik bisnis jika bekerja sama dengan individu ahli dalam perpajakan untuk mengurusi pajak bisnis yang jumlahnya biasanya cukup banyak:

1. Minim Kesalahan

Konsultan pajak adalah individu / tim ahli di bidang pengurusan pajak yang memiliki ilmu dan informasi terkini mengenai Undang-Undang Perpajakan di masing-masing negara tempat tinggalnya. 

Sudah berlabel “ahli” berarti segala hal mengenai perpajakan klien akan diurus dengan baik tanpa ada resiko kesalahan yang bisa merugikan bisnis klien tersebut. 

Jadi, konsultan pajak sangat berbeda dengan akuntan atau admin yang dipaksakan untuk mengurus pajak bisnis dan bisa saja justru menimbulkan kesalahan karena memang bukan orang yang ahli di bidang pajak.

2. Jumlah Pajak Bisa Lebih Sedikit

Konsultan akan melakukan wawancara kepada klien untuk mendapat seluruh informasi terkait situasi keuangan bisnisnya, untuk selanjutnya pihak konsultan menyusun strategi terbaik yang bisa membantu klien memenuhi kewajiban pajak namun di saat yang sama juga bisa mengurangi jumlah pajaknya. 

3. Hal Rumit Bisa Selesai dengan Mudah dan Cepat

Terkadang dalam suatu bisnis, ada beberapa situasi keuangan yang cukup rumit atau kompleks yang perhitungannya bisa sangat rumit, seperti pendapatan asing, tunjangan perjalanan, pendapatan sewa, perwalian, dan sejenisnya. 

Hal-hal seperti ini biasanya tidak bisa diselesaikan oleh orang awam, karenanya perlu menggunakan seorang konsultan ahli agar perhitungan pajak tidak salah dan justru malah merugikan.

4. Tidak Repot Mengisi Formulir

Saat ini memang sudah ada sejumlah platform pajak online dalam bentuk aplikasi maupun situs web yang konon lebih memudahkan para wajib pajak dalam membayar pajak serta lebih bisa menghemat waktu. 

Namun jika sebuah bisnis mengalami situasi cukup kompleks seperti di atas, maka proses yang katanya mudah ini juga bisa lebih rumit. 

Jika menggunakan konsultan pajak, mulai dari perhitungan hingga proses pengisian formulir yang panjang serta merepotkan, atau sejumlah hal rumit lain (baik via online atau pun offline), akan diurus oleh konsultan sehingga klien hanya perlu duduk manis menunggu hasil akhir.

5. Lebih Fokus pada Bisnis

Karena berbagai hal terkait pajak sudah diurus oleh konsultan pajak, mulai dari penyiapan data, pengisian formulir, perhitungan yang rumit, dan sebagainya, maka pemilik bisnis bisa menggunakan waktunya untuk lebih fokus menjalankan dan mengembangkan bisnis tanpa perlu pusing mengurus pajak.

Secara garis besar, menggunakan jasa konsultan pajak memberikan lebih banyak keuntungan dan meskipun mungkin biaya jasanya tidak murah namun akan tetap sepadan dengan keuntungan yang didapat seperti lima poin di atas.

Posting Komentar

0 Komentar