Update Informasi terbaru

Jumat, 24 September 2021

Cara Melihat Biaya Perpanjangan STNK dan Pajak Kendaraan Secara Online

Cara Melihat Biaya Perpanjangan STNK dan Pajak Kendaraan Secara Online

STNK merupakan salah satu dokumen penting pelengkap sebuah kendaraan bermotor selain BPKB sebagai bukti kepemilikan. Dalam STNK tertera informasi tentang nama pemilik kendaraan dan data tentang kendaraan secara lengkap. Selain itu, dalam STNK juga tertera lembar yang berisi tabel dengan tarif pajak yang harus dibayar. Memang di Indonesia, semua jenis kendaraan bermotor yang beredar di jalanan umum dikenakan pajak. Pajak ini dibayarkan secara berkala setiap setahun sekali dan 5 tahun sekali. Pembayaran pajak ini sekaligus juga untuk perpanjangan STNK. Setiap kendaraan bermotor memiliki besaran tarif pajak yang berbeda, tergantung besar mesin dan tahun peredaran kendaraan tersebut. Kendaraan keluaran terbaru dan memiliki cc besar besaran tarif pajaknya lebih mahal daripada kendaraan keluaran tahun sebelumnya dengan cc yang lebih kecil. Cara melihat biaya perpanjangan STNK sekarang dapat dilihat secara online. Dapat melalui aplikasi pajak atau melalui website.

Mengetahui Besaran Tarif Pajak Kendaraan Lewat Aplikasi

Memang benar bahwa untuk mengetahui besaran biaya perpanjangan STNK atau pembayaran pajak kendaraan sekarang dapat secara online, salah satunya yaitu melalui aplikasi pajak yang dapat di download di google play store pada gadget masing-masing. Sudah ada beberapa macam aplikasi untuk dapat mengetahui besaran tarif pajak kendaraan. Kebanyakan dari aplikasi tersebut hanya membutuhkan NIK dan nomor TNKB untuk dapat mengakses biaya perpanjangan STNK atau pajak kendaraan tersebut.

Mengetahui Besaran Tarif Pajak Kendaraan Melalui Website

Untuk melihat besaran tarif pajak sebuah kendaraan secara online, anda dapat mengakses website resmi daerah anda masing-masing. Anda dapat melakukan pencarian di google dengan kata kunci "cek pajak kendaraan (kota anda masing-masing)". Hampir setiap daerah dapat melakukan pengecekan biaya pajak kendaraan bermotor secara online. Tapi memang belum semua daerah yang ada di Indonesia. Cara melihat biaya perpanjangan stnk dan tarif pajak melalui website ini hanya berlaku untuk daerah-daerah di pulau jawa, bali, NTB, dan beberapa daerah di wilayah sumatera, kalimantan dan sulawesi yang telah memiliki website resmi untuk pengecekan tarif pajak kendaraan.

0 komentar:

Posting Komentar