Update Informasi terbaru

Selasa, 29 Juni 2021

Tips Transaksi Belanja Hemat Saat Diskon

Tips Transaksi Belanja Hemat Saat Diskon

Saat ini berbagai marketplace dan  online shop ramai melakukan promo di tanggal tertentu seperti harbolnas tanggal 11.11. 

Berbagai promo dan diskon ditawarkan. Berikut ini berbagai tips agar berbelanja semakin hemat saat ada pesta diskon belanja online.

1. Waspadai Perangkap Harga Dinamis

Harga dinamis adalah strategi yang diterapkan pedagang online. Mereka menawarkan harga dinamis untuk menunjukkan harga yang berbeda bagi pelanggan yang berbeda sesuai lokasi Anda, browsing dan pola belanja Anda serta permintaan produk saat ini.

Pernahkah Anda menemukan biaya penerbangan murah, lalu 30% lebih tinggi ketika Anda memeriksanya pada hari berikutnya? Itu adalah strategi harga dinamis. Kini, teknik penawaran ini sudah sangat canggih, sebagian perusahaan besar retail atau marketplace dengan kualifikasi mumpuni menyadari titik harga dan dapat menunjukkan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang lain yang membayar kurang dalam pembelian online.

Solusinya jika mendapatkan harga yang tidak biasa, maka Anda harus:
  • Menghapus riwayat browsing dan cookie. Fungsinya untuk menghentikan pelacakan dari pihak besar retail. Kita tidak tahu, siapa yang merekayasa perbedaan harga di satu supermarket dalam waktu tertentu di luar Ibukota Indonesia.
  • Kemudian sign-out atau keluar dari akun Anda di email, Google+, Facebook dan lain-lain. Sedikit saja terbuka, jaringan internet milik Anda mudah terlacak dengan baik oleh admin Facebook, Twitter, Path, atau platform lain.
  • Beralih ke mode penyamaran atau lebih baik memanfaatkan browsing secara online anonim dengan panduan browser. Kemudian, pilih versi situs lokal dengan akun lain agar Anda ikut memonitor tanpa terdeteksi pengelola marketplace, toko online atau perusahaan ritel lokal.
  • Memilih negara-negara berkembang sebagai rujukan pemesan untuk mendapatkan harga yang lebih baik ketika mencari.

2. Berbelanja pada Hari Tertentu

Jangan menghabiskan waktu untuk cek harga di pengecer online pada akhir pekan. Meski tampaknya harga sedang menggoda, karena langkah itu bisa menggerus keuangan Anda dengan cepat. Perhatikan hal ini. Sebagian besar toko online memberikan diskon dan penawaran khusus pada hari Rabu, Kamis dan Jumat. Hari Minggu adalah hari terbaik untuk menawarkan tiket penerbangan murah. Sebab, pada hari itu ada diskon, cuci gudang, dan transaksi penjualan meningkat.

Faktanya: Belilah barang lebih ketika hari kerja, awal pekan atau pagi hari. Selain kondisi supermarket tidak terlalu ramai, pengelola supermaket kerap memberikan diskon tambahan. Meski pada akhir pekan juga ada promo atau diskon. Meski sama-sama ada diskon, Anda tetap bisa hemat dengan berbelanja pada waktu-waktu tersebut. Contohnya ada beberapa pengelola supermarket yang memberikan diskon 50% pada akhir pekan. Namun, pada hari kerja, diskon ditambahkan 20%, sehingga pembeli mendapatkan diskon 50% tambah 20%. Anda juga bisa belanja menjelang supermarket tutup. Biasanya, ada produk-produk yang dijual dengan harga lebih murah dengan diskon hingga 80%, daripada produk tersebut basi atau keesokan hari tidak bisa dijual lagi.

3. Gunakan Kode Kupon

Manfaatkan kode kupon dari promo sejumlah marketplace. Sebutkan jika Anda memiliki promo kode untuk diskon 20% atau potongan belanja Rp50.000. Daftarkan diri pada newsletter yang dikirim rutin dan berkala oleh marketplace mauopun toko online tersebut. Anda bisa berhemat hingga ratusan ribu. Jadilah pembeli yang cerdik. 

4. Meminta Potongan Harga

Ketika Anda mendapatkan info ada barang yang Anda suka telah diberikan diskon sangat besar (hingga 90%), Anda pasti berkeinginan membelinya. Sayangnya saat itu Anda sedang sibuk. Ketika Anda datang ke supermarket hendak membeli barang tersebut, ternyata barang dengan diskon sebesar itu sudah habis. Kalaupun ada barang serupa, harganya sudah mahal. Tentu Anda kecewa. Cukup menyesal, kan? Tenang saja. Anda bisa menemui pihak pengelola supermarket yang mengatakan Anda sangat menyukai barang tersebut namun ingin harga didiskon hingga 90%.

Biasanya, pengelola supermarket akan menyetujui permintaan Anda. Namun dengan dua syarat. Syarat pertama, barang tersebut baru bisa dijual kepada Anda sepekan kemudian atau menjelang akhir bulan. Syarat kedua, Anda diminta membeli dalam jumlah tertentu. Mengapa demikian? Beberapa pengelola mengeluarkan kebijakan untuk menghabiskan barang tertentu hingga waktu tertentu. Salah satunya dengan skema diskon besar. Jika Anda menganggap penawaran mereka masih wajar, Anda bisa mempertimbangkan. Mudah bukan?

5. Manfaatkan Program Reward

Pernah mengikuti survei atau jajak pendapat secara online di aplikasi Android atau Aple Play Store? Jika pernah, Anda yan sudah mengisi hasil survei akan mendapatkan reward berupa poin dengan tertentu, kartu hadiah atau diskon khusus yang bisa ditukarkan di supermarket tertentu. Karena penyelenggara survey online sudah bekerjasama dengan pihak pengelola supermarket tersebut. 
Ketika berbelanja online ada baiknya kamu menggunakan internet banking agar semakin mudah bertransaksi.

Download aplikasi mobile banking BRI agar kamu mudah dan cepat berbelanja online. Jangan sampai kamu melewatkan promo belanja online karena lama melalukan proses pembayaran. Buat belanja online makin mudah dengan internet banking.

0 komentar:

Posting Komentar