Update Informasi terbaru

Minggu, 30 Mei 2021

4 Tips Jitu Kuliah Online Agar IPK Tetap Stabil

4 Tips Jitu Kuliah Online Agar IPK Tetap Stabil

Sejak dunia digemparkan dengan adanya virus corona yang kemudian berkembang menjadi pandemi covid-19, proses belajar mengajar turut terkena dampak. Akibatnya, seluruh proses pendidikan beralih menjadi sistem belajar online atau daring. Beberapa tips berikut bisa anda lakukan untuk menjaga nilai tetap stabil meskipun kegiatan belajar dilakukan secara daring.

Tips Menjaga IPK Tetap Stabil Selama Belajar Daring

1. Mempelajari Materi Terlebih Dahulu

Sebelum kuliah daring dimulai, sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu bahan materi yang akan disampaikan oleh dosen. Jika ada istilah atau materi yang kurang bisa dipahami, anda bisa membuat daftar pertanyaan untuk ditanyakan kepada dosen saat materi disampaikan. Cara ini akan sangat mempermudah anda dalam memahami materi perkuliahan dengan baik.

Pemahaman yang baik akan mendorong anda untuk semakin giat dalam belajar. Umumnya, seorang mahasiswa akan merasa bosan belajar ketika tidak memahami materi yang disampaikan oleh dosen, sehingga banyak tugas yang tidak terselesaikan dengan baik. Hal ini dapat anda siasati dengan membaca materi terlebih dahulu.

2. Fokus Saat Kuliah dan Tidak Menunda Tugas

Kuliah secara daring memiliki godaan yang cukup besar karena tidak mendapat pengawasan langsung dari dosen. Selain itu, banyak kondisi yang membuat mahasiswa sering merasa malas untuk menerima materi perkuliahan. Untuk itu, anda harus bisa melatih fokus saat kuliah online dengan menghindari hal-hal yang berpotensi mengganggu konsentrasi, misalnya bermain handphone.

Awalnya mungkin membutuhkan usaha yang cukup keras untuk melawan berbagai gangguan saat kuliah daring. Namun jika diterapkan dengan disiplin, anda tidak akan lagi merasa kesulitan untuk membagi waktu. Oleh karena itu, berlatih manajemen waktu juga penting agar kegiatan belajar daring tetap berjalan lancar dan nilai anda bisa tetap stabil.

Selain fokus saat kuliah, sebaiknya anda juga menghindari kebiasaan menunda-nunda tugas yang sudah diberikan oleh dosen. Sebisa mungkin langsung kerjakan setelah kuliah usai karena ingatan tentang materi tersebut masih kuat dan keinginan untuk belajar masih tinggi. Semakin lama ditunda, umumnya akan semakin sulit juga untuk mengumpulkan semangat.

3. Melakukan Review dan Catatan

Tips selanjutnya yang bisa anda lakukan agar belajar online tetap berjalan dengan lancar adalah dengan membuat catatan dan melakukan review materi. Catatan akan membantu mengikat ingatan anda terhadap materi yang disampaikan. Selain itu, catatan tersebut juga akan membuat anda lebih mudah dalam mengulang pelajaran dan belajar untuk ujian.

Anda bisa mencatat hal-hal penting dari materi yang disampaikan oleh dosen dan pastikan anda bisa memahami catatan tersebut dengan baik. Sementara itu, review materi akan memperdalam pemahaman anda terhadap materi perkuliahan. Anda juga bisa mendukungnya dengan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi tersebut.

4. Memanfaatkan Sarana Penunjang Perkuliahan Daring

Selain melakukan beberapa tips di atas, anda juga memanfaatkan sarana penunjang perkuliahan secara daring yang disediakan oleh onlinelearning.uhamka.ac.id. UHAMKA atau Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka menyediakan berbagai macam kursus yang bisa anda ikuti guna menunjang kuliah online.

Beberapa kursus memperbolehkan akses pengguna tamu yang bukan merupakan mahasiswa UHAMKA. Sarana penunjang kuliah daring tersebut tentu akan sangat membantu pemahaman anda terhadap disiplin ilmu yang sedang anda tekuni. Selain itu, anda juga bisa belajar ilmu baru dari jenis kursus lainnya.

Setiap sistem pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagaimana dengan sistem kuliah secara daring yang masih berlangsung hingga saat ini. Namun, hal itu bukan menjadi alasan nilai menjadi turun dan malas dalam belajar. Beberapa tips di atas dapat anda lakukan selama perkuliahan daring.

0 komentar:

Posting Komentar