Update Informasi terbaru | 2020

Senin, 22 Februari 2021

Mahal atau Murah? Berikut Biaya Pembuatan Lapangan Badminton

Mahal atau Murah? Berikut Biaya Pembuatan Lapangan Badminton

Saat ini, olahraga badminton semakin diminati berbagai kalangan. Banyak sekali tempat yang menyediakan fasilitas lapangan sebagai tempat latihan badminton, baik untuk sekedar bermain ataupun sebagai latihan untuk turnamen. Bagi anda yang ingin membuat lapangan badminton sendiri, simak rekomendasi biaya pembuatan lapangan badminton berikut ini.

Rincian Biaya Lapangan Badminton

1. Lantai Vinyl

Lapangan olahraga dengan konsep indoor biasa menggunakan lantai vinyl sebagai alas. Lapangan badminton biasanya menggunakan lantai vinyl berjenis Gerflor Taraflex, karena menghadirkan kesempurnaan untuk berpijak, berlari, melompat di lantai. Lantai ini anti static dan sangat mudah dibersihkan saat terkena keringat pemain yang berolahraga.

Standar American Society for Testing dan Material (ASTM) F2772 harus digunakan untuk setiap lapangan badminton yang digunakan, yaitu standar kinerja properti atletik indoor dan sistem lantai olahraga. Sandar ini menunjukkan tingkat penyerapan untuk keselamatan, kenyamanan, deformasi vertikal, jumlah grip slide dan kualitas lantai untuk olahraga.

2. Pemasangan Perlengkapan

Semakin tinggi biaya pembuatan lapangan badminton, semakin lengkap pula jasa yang ditawarkan. Untuk membuat lapangan badminton, pastikan biaya yang anda keluarkan sudah termasuk biaya perlengkapan olahraga badminton ini. Karena banyaknya perlengkapan yang rumit akan menjadi sangat praktis bila disediakan oleh penyedia jasa.

Beberapa perlengkapan yang dibutuhkan adalah lem Fox Prima-D, lem ini berguna untuk memasang lantai vinyl pada lantai bangunan yang anda siapkan. Kemudian Welding Rod yang menyambungkan vinyl pada seluruh lapangan badminton. Cat dan Thinner juga dibutuhkan untuk memperindah lapangan badminton yang akan dibuat oleh anda.

3. Garis Lapangan

Garis lapangan badminton pada umumnya terdapat dua garis untuk menandakan bidang permainan. Garis yang paling luar mempunyai ukuran panjang 13,40 m dan lebar 6,1 m. sedangkan garis yang dalam mempunyai ukuran panjang yaitu 11,76 m dan lebar 5.18 m. Garis ini sangat penting untuk menentukan bola yang masuk atau keluar dari bidang permainan.

Dalam pembuatan lapangan badminton, pastikan garis lapangan ini sudah disediakan oleh kontraktor lapangan badminton yang anda gunakan jasanya. Gunakan garis lapangan yang tahan lama dan anti air, karena garis ini akan menjadi pijakan para pemain badminton. Warna putih yang terang juga harus diperhatikan untuk menjadikannya penanda yang jelas.

4. Spon 3mm

Lapangan badminton yang memenuhi standar tentu memiliki spon pada lapangan untuk menjaga keselamatan pemain. Spon yang baik untuk lapangan badminton adalah setebal 3mm. Pilihlah yang sesuai karena spon yang lebih tipis akan menyebabkan pemain cedera cukup parah, sedangkan spon yang terlalu tebal menyebabkan pemain kesulitan dalam bertanding.

5. Net

Anda pasti mengetahui net dalam permainan bulu tangkis berada ditengah lapangan. Net ini memisahkan antara tim dengan lawan. Dalam permainan badminton, net berfungsi sebagai pembatas area permainan. Pemain bisa menentukan tinggi dan rendahnya pukulan saat sevis, dan serangan kepada lawan agar mendapatkan skor yang sempurna untuk menang.

6. Jasa Pasang

Inilah hal yang paling penting dan tidak boleh anda lewatkan. Percuma membeli peralatan lapangan badminton tanpa jasa pemasangannya. Kontraktor lapangan badminton yang baik tentu mematok biaya pembuatan lapangan yang sesuai beserta jasa pemasangan yang berkualitas. Anda dapat menikmati kualitas lapangan yang baik dari ahli yang berpengalaman.

Demikian rincian biaya lapangan badminton yang dapat anda jadikan bahan pertimbangan. Untuk pembuatan lapangan badminton dengan jasa yang selengkap itu, terdapat dalam paket standar internasional yaitu sekitar 21.000.000 rupiah saja. Selain dinikmati oleh anda dan keluarga, anda juga dapat mengajak teman-teman dan kerabat anda untuk bermain bersama.

0 komentar:

Posting Komentar