Update Informasi terbaru | 2020

Kamis, 28 Januari 2021

Kenali 5 Penyebab Terjadinya Sakit DBD, Anda Wajib Tahu!

Kenali 5 Penyebab Terjadinya Sakit DBD, Anda Wajib Tahu!

DBD atau yang dikenal dengan demam berdarah adalah salah satu penyakit berbahaya yang ditimbulkan oleh sebuah virus dengue lewat gigitan dari nyamuk aedes aegypti. Penyakit yang satu ini kerap sekali terjadi di Indonesia karena faktor iklim tropis dan juga cuaca yang mendukung nyamuk tersebut untuk bisa berkembang biak. Yuk cek penyebab terjadinya sakit DBD berikut ini!

Beberapa Gejala yang Bisa Menyebabkan Penyakit DBD

1. Demam Mendadak

Gejala pertama yang patut anda curigai adalah terjadinya demam secara tiba-tiba. Demam merupakan penyakit yang awam sekali terjadi kepada setiap orang. Akan tetapi, hal ini bisa jadi sebagai tanda-tanda bahwa anda sedang terjangkit virus penyakit DBD. Untuk perbedaannya sendiri dengan demam biasa adalah ketika terjangkit penyakit ini, demam terjadi secara mendadak.

Berbeda dengan demam pada umumnya, virus DBD ini akan membuat anda tiba-tiba merasakan demam dengan suhu yang cukup tinggi hingga mencapai 40 derajat celcius. Bukan hanya itu saja, biasanya demam berdarah tersebut akan terus berlangsung selama dua hari hingga mencapai tujuh hari.

Setelah fase tersebut berhenti, demam tersebut akan menurun secara tiba-tiba dan terlihat seperti normal-normal saja. Oleh karena itu, anda harus tetap waspada karena hal tersebut menandakan jika penderita akan masuk ke tahap berikutnya yang bisa menjadi penyebab terjadinya sakit DBD. Namun, jika demam masih berlanjut setelah hari ketujuh sampai hari ke sepuluh, maka itu bukan tanda DBD.  

2. Nyeri Otot

Tahapan demam mendadak yang terjadi dua hingga tujuh hari tersebut adalah fase awal. Lalu untuk fase berikutnya adalah nyeri otot. Rasa nyeri otot ini sebenarnya akan bisa timbul secara bersamaan dengan demam tinggi. Oleh sebab itu, jika dua gejala tersebut timbul secara berbarengan, maka ada kemungkinan penderita telah terjangkit DBD.

Selain itu, gejala nyeri otot ini sering sekali membuat pasien juga akan mulai berkeringat dan menggigil. Akan tetapi, hal tersebut tidak timbul kepada semua pasien. Rasa nyeri otot yang dialami si penderita tentunya akan membuatnya stress dan juga mulai tidak nyaman. Maka dari itu, segeralah beranjak untuk pergi ke dokter agar segera mendapat penanganan awal yang tepat.

3. Sakit Kepala dan Sakit Mata pada Bagian Belakang

Gejala selanjutnya yang bisa menjadi penyebab terjadinya sakit DBD adalah timbulnya rasa sakit kepala dan juga sakit mata setelah mengalami demam tinggi selama beberapa jam. Hal ini merupakan gejala tanda-tanda DBD yang kerap sekali terjadi terhadap para penderita virus dengue. Tentu saja gejala tersebut menyebabkan si pengidap DBD akan mulai merasa kesulitan untuk beraktivitas seperti biasanya.

4. Mual Muntah

Rasa mual dan muntah juga merupakan gejala dari penyakit DBD yang disebabkan oleh sakit perut yang sangat parah. Sakit perut tersebut akan berlangsung selama dua hingga empat hari dan juga tidak bisa hanya diobati dengan obat-obat sakit perut biasa. Sebab, penderita penyakit ini sering kali mengalami muntah atau mual dalam skala yang besar.

5. Kelelahan

Gejala yang merupakan penyebab terjadinya sakit DBD tersebut akan membuat para pasien merasakan lemas dan lelah. Imun tubuh dan juga gizi yang semakin menurun akan membuat badan tidak bisa mendapatkan cukup tenaga untuk melakukan beberapa kegiatan lain yang membutuhkan banyak tenaga.

Berdasarkan ulasan diatas, ada berbagai gejala yang disebabkan oleh virus dengue dari nyamuk aedes aegypti. Apabila gejala-gejala tersebut terjadi kepada anda atau anggota keluarga yang lainnya, maka bisa jadi sedang terinfeksi penyakit DBD. Oleh karena itu, anda harus segera membawanya ke dokter agar mengetahui kondisi lebih jelasnya.

0 komentar:

Posting Komentar