Update Informasi terbaru | 2020

Minggu, 06 Desember 2020

Mari Kenali Beragam Manfaat Dari Momen Baca Bersama Disini

Mari Kenali Beragam Manfaat Dari Momen Baca Bersama Disini

Pada dasarnya, hobi membaca bukanlah suatu hal yang dimiliki oleh anak sejak lahir. Kebiasaan membaca ini perlu ditanamkan oleh orang tua untuk mewujudkan Indonesia cinta membaca. Tentunya, orang tua bisa mengajak anak untuk membaca bersama untuk mengenalkan dunia bacaan ini kepada anak. Lantas, manfaat apa saja yang bisa diperoleh dalam kegiatan ini? Berikut ulasannya.

Kenali Manfaat Positif Dari Kegiatan Baca Bersama Disini

1. Meningkatkan Kemampuan Otak Dan Mental Anak

Berbagai buku cerita selalu menghadirkan beragam manfaat positif yang kepada anak. Bacaan yang berisi tentang pengetahuan baru ini bahkan bisa memberikan pemahaman baru kepada anak. Akibatnya, seorang anak dapat selalu melatih kemampuan berpikir dalam mengenali berbagai cerita yang dibacanya.

Selain itu, berbagai cerita yang dihadirkan dalam buku bacaan juga dapat mengembangkan kemampuan anak untuk memikirkan berbagai hal. Seorang anak bahkan bisa memperoleh pengalaman baru dari suatu cerita. Hal ini dikarenakan cerita yang dibaca biasanya menghadirkan bayangan imajinatif yang membuat anak berada dalam situasi pada cerita.

Begitu pula, buku cerita fiksi yang seringkali menghadirkan cerita imajinatif juga dapat membantu anak untuk mengenali emosi yang ada di dalam dirinya. Seorang anak bahkan bisa mengembangkan mental yang dimiliki menjadi seorang yang tangguh, percaya diri dan berwawasan luas, dan lain sebagainya.

2. Meningkatkan Ikatan Antara Orang Tua Dan Anak

Selain menghadirkan Indonesia cinta membaca, kegiatan membaca bersama yang dilakukan antara anak dan orang tua juga bisa mewujudkan kedekatan yang luar biasa. Bahkan, anak bisa mendapatkan momen spesial dan menyenangkan karena membaca bersama dapat dilakukan dengan berbagai metode yang bisa diterapkan oleh orang tua.

Orang tua bisa menggunakan berbagai media untuk mengenalkan berbagai hal baru kepada anak. Hal ini bahkan dapat menuntun seorang anak agar tidak salah dalam memahami suatu konsep yang ada. Tentunya, orang tua juga bisa mengemas berbagai cerita dan bacaan menjadi hal yang mudah dipahami oleh si kecil.

Membaca bersama juga bisa menghadirkan momen bercerita antara orang tua dan anak. Tentunya, kegiatan ini dapat menanamkan rasa percaya yang dimiliki anak kepada orang tua. Kebiasaan yang terbawa hingga dewasa juga dapat menghadirkan sikap anak yang selalu terbuka kepada orang tua untuk menceritakan berbagai masalah dan kejadian lainnya. 

3. Mendukung Masa Depan

Membaca bersama juga dapat mengarahkan anak dan mendukung masa depannya. Pemahaman anak yang lebih terkontrol oleh orang tua juga bisa membantu anak untuk menyukai berbagai hal yang disukai. Tentunya, anak juga bisa mengenali cita-citanya dengan mempelajari beberapa tokoh cerita yang dibacanya.

Gemar membaca memang bisa menjadikan Indonesia cinta membaca. Begitu pula, kebiasaan membaca sejak kecil juga bisa menjadikan sosok anak yang selalu mencari tahu dan bertanggung jawab terhadap berbagai hal. Bahkan, anak juga bisa memecahkan segala masalah dengan tepat karena keputusan yang diambilnya dapat berasal dari masalah yang pernah terjadi dalam cerita.

Selain membaca sendiri, kegiatan membaca yang dilakukan oleh anak dan orang tua juga menghadirkan banyak manfaat hingga dewasa. Tentunya, anda juga bisa melakukan kegiatan ini dengan cara bergabung melalui gerakan yang ditanamkan oleh Tanoto Foundation. Anda bahkan bisa dapatkan beberapa manfaat di atas dan keseruan lainnya.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca 

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-

0 komentar:

Posting Komentar