Update Informasi terbaru | 2020

Senin, 19 Oktober 2020

Susah Cari Nama Domain Pakai .Com? Pakai Domain .Zone Saja

Susah Cari Nama Domain Pakai .Com? Pakai Domain .Zone Saja
Sumber: freepik.com

Jumlah ekstensi domain yang ada saat ini memang sangat banyak lebih dari 1000. Tentunya hal itu membuat konsumen yang berniat membuat website jadi berpikir berulang kali. Konsumen pasti ingin mendapatkan yang terbaik demi perkembangan websitenya bukan. Jika kamu juga berpikir demikian dan ingin membuat nama domain yang berfokus pada topik sport, hiburan, teknologi, dan lain-lain.

Mencari alamat domain dengan ekstensi .com sudah bukan hal yang mudah lagi. Kamu bisa menggunakan .zone sebagai alternative. Pastinya kamu akan bertanya-tanya mengenai apakah memiliki prospek yang baik di masa depan? Perlu simak ulasan mengenai domain .zone ini sampai selesai.

Apa Itu Domain .Zone?

Domain .zone adalah salah satu domain yang bisa dipakai oleh pemiliknya untuk berbagai macam tujuan, seperti yang berhubungan dengan passion, teknologi, olahraga, hiburan, dan lokasi. Tidak heran bila kamu pernah menemukan ada suatu koran elektronik yang membahas berita lokal menggunakan domain ini.

Domain tersebut juga cocok dipakai oleh brand yang memang memiliki kata zone. Bisa dikatakan bahwa penggunaan ekstensi domain ini masuk dalam kategori fleksibel. Domain ini pertama kali dirilis pada tahun 2014 dan sudah ada penggunanya yang lumayan banyak jumlahnya. 

Perusahaan yang menangani sebagai registry backend adalah Donuts. Kategori dari domain .zone adalah generic top level domain. Kata zone ini mudah diingat dan bisa memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung yang datang ke website tersebut.

Apakah Pendaftaran Domain .Zone Perlu Persyaratan Khusus?

Pada dasarnya sebagian besar domain generic top level domain tidak memerlukan persyaratan khusus ketika mendaftar, kecuali .pro. Siapapun dan dari negara mana saja akan bisa langsung mendaftar domain .zone. Hanya perlu membayarkan biaya domain pada provider penyedia domain.

Bahkan, perpanjangan juga bisa dilakukan secara langsung tanpa menyertakan persyaratan khusus, seperti KTP dan lain-lain. Menggunakan domain ini bisa sangat menguntungkan kamu yang sibuk, sehingga bisa segera memiliki domain sendiri. Proses aktivasi juga bisa dilakukan dengan segera.

Baca juga : apa itu proxi

Petunjuk Pemilihan Nama Domain .Zone

Domain .zone ini bisa saja dipakai untuk menghubungkan menuju ke profil media sosial maupun YouTube. Ini akan membuat tampilan nama domain kamu menjadi lebih rapi dan berkesan bagi pengunjung. Hanya saja kamu perlu memahami petunjuk pembuatan nama domain yang baik. Simak untuk mengetahui detail petunjuk pemilihan nama domain .zone berikut.

1. Panjang Karakter

Pada dasarnya domain gTLD memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk membuat nama domain dengan maksimal 63 karakter dan minimal satu karakter. Ke-63 karakter yang dimaksud adalah diluar dari ekstensi .zone itu sendiri. Tentu saja siapa yang berminat dengan menggunakan karakter maksimal tersebut. 

Menggunakan nama domain dengan jumlah karakter terlalu banyak atau lebih dari 12 karakter masuk dalam kategori kepanjangan. Nama domain yang panjang cenderung susah diingat pengunjung dan hal tersebut dapat berdampak pada rendahnya jumlah trafik website. Apabila kamu berminat untuk mendapatkan pengunjung yang banyak gunakan karakter maksimal 11.

2. Tidak Mencantumkan Angka dan Tanda Hubung

Pembuatan nama domain bisa saja mencantumkan angka dan tanda hubung. Namun itu kurang disarankan, sehingga demi kemudahan mengingat para pengunjung. Kamu bisa melihat beberapa website perusahaan besar maupun marketplace terkenal. 

Mereka bisa menjadi terkenal dengan menerapkan hanya huruf saja pada nama domain. Kamu yang ingin menggunakan domain .zone sebagai suatu toko online yang mencantumkan kata zone, sangat disarankan untuk menghindari penggunaan angka dan tanda hubung. 

3. Tidak Mencantumkan Spasi

Kamu memiliki nama brand dengan karakter sekitar 6 – 11. Biasanya memang terdapat spasi untuk nama brand, tetapi pencantuman nama domain tidak bisa menerapkan hal tersebut. Menggunakan brand sebagai nama domain harus bisa mengabaikan tanda spasi. 

Misalkan saja kamu memiliki brand dengan nama Toko Komputer Zone. Saat ditulis ke dalam nama domain akan menjadi tokokomputer.zone. Jadi tidak bisa membuat nama domain toko komputer.zone, karena memang spasi tidak dapat dicantumkan. 

Kamu Berminat untuk Mendaftar Domain .Zone

Kamu sudah memiliki toko fisik dengan brand yang mencantumkan kata zone atau berminat memiliki website sendiri untuk memuat informasi maupun berita. Kamu bisa saja berlangganan domain .zone dan caranya sangat mudah yakni dengan cara mengunjungi website DomaiNesia. Domain tersebut juga sering diberikan promo, sehingga pendaftaran hanya perlu bayar murah.

Kalau kamu ingin mengetahui apa promo tersebut masih berlaku atau tidak, bisa kamu lihat sendiri melalui daftar harga. Apabila kamu berniat untuk pindah provider domain, kamu perlu membayar biaya transfer yang juga cukup terjangkau dibandingkan dengan perusahaan serupa lainnya.

Seluruh konsumen yang berlanggan domain dari DomaiNesia sudah mendapatkan perlindungan sistem keamanan berlapis. Ini bisa membantu mencegah serangan hacker. Ketika konsumen menemui kendala berupa masalah teknis, dapat segera menghubungi bagian tim support yang aktif dalam waktu 24 jam.

0 komentar:

Posting Komentar