Update Informasi terbaru | 2020

Kamis, 29 Oktober 2020

Dukung Gerakan Membaca, Yuk Berkenalan Lebih Dekat Dengan Tanoto Foundation

Dukung Gerakan Membaca, Yuk Berkenalan Lebih Dekat Dengan Tanoto Foundation

Kegiatan membaca menjadi salah satu kunci penting keberhasilan proses pembelajaran. Meskipun begitu, tak sedikit anak yang menyukai kebiasaan baik tersebut. Hal tersebut terlihat dari masih rendahnya indeks minat baca masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Tanoto Foundation hadir untuk mendukung gerakan membaca. Apa saja langkahnya? Simak ulasan berikut.
 

Kampung Literasi Tanoto Scholar Association

Banyak manfaat yang akan didapatkan dengan membaca. Seperti yang dikatakan pepatah, buku adalah jendela dunia, maka dengan membaca akan membuat seseorang memperoleh pengetahuan baru. Mempunyai kemampuan membaca yang baik, akan menjadi kunci sukses dalam setiap pembelajaran. Selain itu, dengan membaca juga akan meningkatkan taraf kehidupan.

Meskipun begitu, tak membuat masyarakat Indonesia mempunyai kegemaran membaca.  Perlu diketahui, minat baca yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia tergolong masih rendah. Bahkan, dari survey yang dilakukan oleh PISA, Indonesia menduduki peringkat 66 dari 72 negara . Tak hanya itu, UNESCO juga turut menjelaskan mengenai minat baca penduduk Indonesia. 

Dimana, dari hasil penelitian yang telah dilakukan tahun 2012 silam, didapatkan bahwa dari 1000 orang hanya ada satu yang gemar membaca. Kondisi tersebut tentu cukup miris untuk dilihat, sehingga membuat Tanoto Foundation turut serta membuat berbagai program, sebagai upaya untuk mendukung gerakan membaca di Indonesia.

Seperti yang diketahui, organisasi filantropi tersebut membuat program TELADAN serta memberikan beasiswa pada mahasiswa di perguruan mitra. Tak hanya dilatih dalam kepemimpinan, kumpulan Tanopo Scholar tersebut membentuk asosiasi yang bertugas untuk menggencarkan kegiatan literasi, khususnya pada anak di pendidikan tingkat sekolah dasar. 

Salah satu yang diciptakan adalah dengan mebuat kampung literasi. Dimana, kegiatan tersebut diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca anak. Selain diajak untuk membaca, anak yang bergabung dalam kampung literasi juga akan diajak bermain sambil belajar. Dengan demikian, diharapkan mampu membuat anak gemar untuk membaca.

Gerakan Literasi Tanoto Scholar Association

Selain menciptakan kampung literasi, para Tanoto Scholar juga membuat gerakan literasi. Langkah ini diambil untuk mengkampanyekan budaya membaca, pada masyarakat Indonesia, khususnya anak sekolah dasar. Memang langkah yang diambil tidak besar, namun setiap perjalanan kecil jika dilakukan tetap akan memberikan dampak yang besar.

Untuk mendukung gerakan literasi tersebut, salah satu yang dilakukan oleh Tanoto Scholar Association adalah dengan mengadakan kegiatan yang disebut Ransel Baca. Nama tersebut disematkan, lantaran sebelum sampai di sekolah, semua buku diletakkan dalam ransel dan dibawa menyeberangi sungai dengan menggunakan perahu. Kegiatan ini, dilakukan oleh TSA Makasar.

Tak hanya berliterasi, anak yang bergabung dengan kegiatan ini juga diajak untuk bernyanyi, bermain, menulis, dan sebagainya, untuk menarik minat baca generasi penerus bangsa tersebut. Lain dari makasar, untuk mendukung gerakan membaca, TSA Jambi juga turut serta membuat kegiatan yang bertajuk pojok baca.

Program Unggulan PINTAR Untuk Sekolah

Selain melalui mahasiswa, untuk mendukung gerakan membaca juga langsung ditujukan pada sekolah mitra. Disamping mendukung kualitas pendidikan melalui pelatihan guru dan kepala sekolah, organisasi filantropi tersebut juga mendukung infrastruktur sekolah. Dalam hal ini, akan membantu perbaikan perpustakaan yang kurang memadai, sebagai dukungan gerakan membaca.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca.

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-.

0 komentar:

Posting Komentar