Update Informasi terbaru | 2020

Kamis, 17 September 2020

Wisata Bersama Anak? Ajak ke Tempat Wisata di Jakarta Berbasis Edukasi Ini

Wisata Bersama Anak? Ajak ke Tempat Wisata di Jakarta Berbasis Edukasi Ini
Sumber: http://darwinchai.com/

Bingung menghabiskan waktu di akhir minggu bersama si kecil? Apalagi bagi Anda yang tinggal di ibukota. Badan dan pikiran sudah sangat lelah karena pekerjaan dan rasanya sulit sekali membawa anak berlibur ke luar kota. Tenang saja, karena tempat wisata di Jakarta bukan mall. Anda bisa mengajaknya bermain sambil belajar di tempat-tempat wisata edukasi. Ada banyak pilihan tempat wisata di Jakarta yang berbasis edukasi. Fasilitasnya pun lengkap, dijamin anak Anda betah belajar dan bermain. Berikut beberapa pilihan tempat wisata di Jakarta berbasis edukasi untuk menghabiskan libur akhir minggu bersama si buah hati.  

Taman Mini Indonesia Indah

Sumber: http://www.tamanmini.com/

Seperti nama yang tersemat padanya, taman ini merupakan bentuk mini dari Indonesia yang sangat indah. Di sini anak dapat belajar mengenal lebih dekat daerah-daerah di Indonesia melalui anjungan daerah. Ada juga danau yang berisi miniatur pulau-pulau di Indonesia. Lebih dari sekadar mengenal pulau dan daerah di Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah masih memiliki segudang hal luar biasa. Taman dengan luas 150 hektar ini akan mengajarkan anak apa saja mulai dari kebudayaan, sosial, seni, sains dan biologi. Setidaknya ada 15 museum, 10 taman, teater, gedung pagelaran, panggung terbuka, stasiun mini, istana anak dan wahana rekreasi lainnya. 

Kidzania Jakarta

Sumber: http://jakarta.panduanwisata.id/

Biarkan anak Anda melakukan profesi yang dicita-citakannya di Kidzania Jakarta. Kidzania merupakan taman bermain dan belajar yang mengusung tema profesi. Kidzania disebut juga sebagai “kota anaka-anak”. Disebut demikian karena di tempat ini anak-anak bisa bermain peran dan mengisi berbagai macam pekerjaan yang ada di sebuah kota. Kidzania memang dibangun untuk menggambarkan sebuah kota dengan sangat nyata. Di sini terdapat miniatur jalan raya, rumah sakit, pemadam kebakaran, pabrik, salon, supermarket, dan masih banyak lagi. Melalui fasilitas ini setidaknya ada 60 profesi yang bisa diperankan oleh si kecil. 

Seaworld Ancol

Sumber: https://www.nativeindonesia.com/

Dengan misi memberikan pendidikan, hiburan sekaligus konservasi, Seaworld hadir di Taman Impian Jaya Ancol. Di Seaworld si kecil dapat melihat dunia laut lebih dekat melalui ribuan koleksi satwa air laut dan air tawarnya. Dengan koleksi yang sangat banyak ini, Seaworld dinobatkan sebagai akuarium terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Tidak puas hanya melihat satwa-satwa ini dari balik kaca? Tenang saja, Seaworld juga menyediakan touch pool dimana pengunjung dapat menyentuh makhluk-makhluk air yang ada di sana.

Ocean Ecopark Ancol

Sumber: http://zipitrans.com/

Masih di Ancol, ada taman bermain dan belajar lain yang bernama Ocean Ecopark Ancol. Taman yang satu ini terbagi atas 5 zona yang mempunyai spesialisasinya masing-masing. Ada Eco Care yang memberi edukasi tentang perkebunan. di eco Care anak akan diajari dan diajak menanam serta merawat tanaman dengan benar. Zona lainnya adalah Eco Nature. Di zona ini anak bisa mengenal dan mempelajari lebih jauh tentang satwa. Ada juga zona Eco Energy yang akan mengajak Anda dan si kecil belajar tentang konservasi energi untuk lingkungan yang lebih baik. Selain itu ada pula zona Eco Art yang akan menyuguhkan penampilan seni di panggung terbuka. Dan yang terakhir ada Eco Island. Di sini Anda bisa menikmati danau yang cantik dan menenangkan sekaligus melihat habitat ikan air tawar.   

Kebun Binatang Ragunan

Sumber: https://www.beritasatu.com/

Taman satwa yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia karena memang jadi tempat wisata yang sangat diminati oleh keluarga. Kebun Binatang Ragunan juga cukup terkenal karena menjadi taman satwa tertua di Indonesia. Dengan luas sekitar 140 hektar, Kebun Binatang Ragunan mempunyai koleksi satwa yang luar biasa. Melalui koleksi-koleksinya Anda bisa mengenalkan berbagai satwa kepada si buah hati. 

Faunaland Ancol

Sumber: https://www.ancol.com/

Sebenarnya, Faunaland hampir sama dengan kebun binatang. Yang membedakan adalah di kebun binatang hewan-hewan ada di dalam kandang dan dibuat jauh dari pengunjung, sementara di Faunaland hewan-hewan diusahakan untuk sedekat mungkin dengan pengunjung. Tentunya aman ya, karena hewan-hewan ini tetap berada di kandang atau dibatasi dengan kaca yang tebal dan kuat. Kandang-kandangnya disesuaikan dengan hewannya. Ada kandang yang memberikan akses pengunjung untuk memegang hewan, ada pula kandang kaca untuk membatasi pengunjung dengan hewan. Kandang kaca ini biasanya dipakai untuk hewan buas seperti singa, harimau dan lain sebagainya. Selain sebagai tempat edukasi berbagai jenis satwa, di Faunaland Anda juga bisa mengajak anak menonton pertunjukan burung, safari river cruise, dan berfoto bersama hewan yang lucu-lucu. 

Planetarium

Sumber: https://jakartapedia.id/

Ajak anak Anda mempelajari benda-benda langit, sejarah alam semesta dan astronomi secara menyenangkan di Planetarium. Di sini si kecil akan diajak mengembara di jagat raya melalui video yang ditayangkan di langit-langit ruang pertunjukan yang berbentuk bulat. Untuk pengalaman yang lebih nyata, kursi di sini dibuat agar dapat dibuat ke posisi berbaring sehingga pengunjung dapat melihat ke seluruh ruangan. Selain pertunjukan ini, Anda juga dapat berkeliling untuk melihat koleksi-koleksi Planetarium seperti teleskop, pakaian luar angkasa, gambar-gambar luar angkasa dan masih banyak lagi.   

Brick4Kidz

Sumber: https://pingpoint.co.id/

Dari namanya saja pasti sudah bisa menebak tempat permainan apa ini. Yup, ini adalah tempat dimana buah hati Anda bisa bermain sekaligus mengasah kreatifitas dengan menyusun balok-balok Lego. Walaupun terlihat seperti bermain, namun kegiatan-kegiatan di Brick4Kidz mempunyai banyak sekali manfaat. Mengutak-atik Lego bisa merangsang otak, kepekaan, ketelitian sekaligus gerak motorik anak. Seluruh permainannya pun dirancang agar dilakukan bersama sehingga anak bisa bersosialisasi dengan teman sebayanya. 

Kini Anda sudah punya beberapa pilihan tempat wisata yang akan dikunjungi bersama si buah hati. Berikan kesempatan pada anak untuk bermain sambil mengeksplor dan mempelajari banyak hal. Namun jangan lupa tetap awasi mereka agar tetap aman.

0 komentar:

Posting Komentar