Update Informasi terbaru | 2020

Jumat, 31 Januari 2020

Tips Memilih Kemasan Produk Makanan yang Menarik dan Aman

Kemasan

Saat ini Berbagai jenis makanan dengan beraneka kemasan tertata rapi di atas rak penjualan di supermarket. Saat kita memilih tentunya kita akan memilih makanan yang memiliki kemasan menarik. Kita ambil, lalu kita baca informasi yang tercantum pada kemasan tersebut. jika tidak cocok, maka akan kita simpan kembali pada tempatnya. Kemudian kita akan mengambil lagi, dan membaca lagi. Hingga kita pilih sesuai yang kita inginkan.

Dari cara kita, melakukan pemilihan makanan tersebut maka peluang dari kemasan yang menariklah yang memiliki peluang paling besar. Oleh karena itu, jika kamu seorang penggiat produk makanan, maka jadikanlah kemasan sebagai salah satu senjata daya tarik bagi pembeli. apalagi saat ini sudah ada tempat jual kemasan yang pastinya dapat membantu kamu. Nah, dalam pembuatan kemasan produk, yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

Efektivitas
Dalam proses merancang kemasan suatu produk, maka efektivitas menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Bahan kemasan harus disesuaikan dengan sifat dan kebutuhan produk yang akan dikemas. Jangan sampai kemasan yang kita gunakan tidak cocok dengan produk yang akan dikemas karena menyimpang dari karakteristik produk tersebut.

Keamanan Pangan
Dalam memasarkan produk makanan dan minuman, faktor keamanan pangan merupakan faktor vital yang harus diutamakan saat memilih dan menentukan jenis kemasan dan cara pengemasannya. Keamanan produk sangat penting karena kemasan non-food grade biasanya mengandung bahan berbahaya yang dapat meracuni bahan makanan dan minuman yang dipasarkan tersebut.

Nilai keamanan pangan ini juga berkaitan dengan faktor kebersihan dan higienitas kemasan. Cara mengemas yang kurang baik juga dapat menimbulkan kerusakan pada makanan atau minuman yang dikemas.

Desain Aergonomis
Yang dimaksud dengan desain aergonomis adalah kemasan yang mudah dalam segala hal, misalnya mudah dibawa ke mana-mana, mudah dibuka atau disobek, mudah disimpan, mudah dituang, mudah diambil, tidak berhamburan, dan berbagai kemudahan lain yang tidak membuat repot para konsumen dengan kemasan pembungkusnya.

Faktor Keindahan
Apapun yang indah pasti akan menarik perhatian. Oleh sebab itu, buatlah kemasan yang terlihat indah dan menawan (atraktif). Bagi industri pangan, sangat penting untuk menampilkan gambar kemasan yang menggugah selera. Artinya, hanya dengan melihat gambar pada kemasannya, orang akan membayangkan kelezatan atau kesegaran produk tersebut.

Dalam hal ini, perpaduan warna, pemilihan logo, pilihan huruf, tagline, dan atribut lain sangat berpengaruh pada terciptanya suatu kamasan produk yang menarik.

Faktor Informasi dan Promosi
Desain kemasan yang baik dapat menjadi media informasi awal sebelum konsumen menentukan keputusannya untuk beli atau tidak. Manfaatkan bagian tertentu pada kemasan untuk menjelaskan detail produk pangan yang kamu buat, sehingga konsumen tidak merasa tertipu. Informasi jelas yang konsumen dapatkan dari kemasan produk kamu dengan sendirinya akan menjadi alat untuk media promosi yang akan dilakukan oleh para konsumen dari mulut ke mulut.

0 komentar:

Posting Komentar