Update Informasi terbaru | 2019

Jumat, 01 November 2019

Berikut Panduan Beli Obat ke Apotek yang Benar

Bali obat

Solusi untuk mengatasi penyakit yang sedang diderita tak lain adalah dengan berobat ke dokter, nantinya mereka akan melakukan pemeriksaan dan menganjurkan menggunakan obat yang tepat untuk mengatasi penyakit tersebut. Anda bisa beli obat yang sudah diresepkan tersebut secara mudah ke apotek terdekat. Meskipun jika dilihat sendiri ada banyak sekali diantara toko-toko yang saat ini secara bebas menjual obat-obatan, hanya saja dalam pembeliannya juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Karena memang belum tentu obat-obatan yang dijual di pasaran tersebut terbukti aman untuk dikonsumsi, bahkan sangat mungkin diantaranya menyebabkan beragam jenis efek samping yang kurang baik bagi tubuh, seperti diantaranya adalah ketergantungan, atau pemakaian yang tidak sesuai dengan dosis yang tepat nantinya bisa menyebabkan terjadinya kematian. Itulah mengapa sebenarnya ada beberapa aturan penting atau panduan jika seandainya pasien ingin membeli obat.

Berikut ini diantaranya yang harus diketahui, yaitu:
  1. Belilah obat di apotek yang berstandar atau memang telah direkomendasikan, biasanya setiap rumah sakit memiliki sebuah apotek yang juga menjual obat-obatan secara lengkap, lebih aman jika seandainya Anda langsung membeli obat-obatan tersebut disini. Karena dijamin ada keberadaannya dan juga aman, dilayani secara langsung oleh apotekernya, sehingga obat yang digunakan juga tidak abal-abal atau sembarangan.
  2. Membeli obat hendaknya dengan memakai resep dokter, apotek yang benar akan melayani pembelian obat hanya dengan memakai resep dari dokter tersebut. Karena nantinya mereka akan tahu obat-obatan apa yang dianjurkan begitu juga disertai dengan dosis tepat untuk mengonsumsinya. Pembelian tidak asal dilakukan hanya dengan mengucap nama obat saja, karena yang bisa membaca tulisan dari dokter tersebut adalah apoteker.
  3. Penting juga untuk pasien nantinya mengajukan beberapa pertanyaan kepada apoteker tersebut, seperti diantaranya adalah:
    • Cari tahu adakah versi generik dari obat tersebut, bahan aktif yang terkandung di dalam obat generik ini sama dengan bahan patennya, begitu juga dengan fungsinya, jadi ada alternatif lain yang nantinya dapat digunakan untuk pengobatan selain obat paten tersebut, biasanya untuk harganya sendiri juga terbilang lebih murah.
    • Keberadaan efek samping atau mungkin instruksi khusus dari pemakaian obat tersebut, meskipun mungkin sudah tertera di dalam label kemasan, namun ada baiknya jika Anda bertanya secara langsung ke apoteker, sehingga mereka akan menjelaskan lebih detail, karena memang pada dasarnya tidak semua orang mengerti mengenai istilah-istilah medis yang ada, jadi harus diberikan penjelasan secara langsung.
    • Tanyakan juga cara penyimpanan obat dengan tepat, karena terkadang ada beberapa jenis obat yang tidak lagi bekerja sebagaimana mestinya jika seandainya Anda salah di dalam menyimpannya, sudah pasti akan mengurangi efek yang diberikan oleh obat tersebut.
    • Tanya juga tentang medical review, ini penting jika seandainya Anda mengkonsumsi beberapa obat sekaligus, tanyakan juga jadwal konsumsi terbaiknya, apakah untuk masing-masing obat haru diberikan jarak tertentu atau bisa langsung dikonsumsi sekaligus. Jika memang harus diberikan jarak waktu untuk konsumsi, maka cari tahu berapa lama waktunya sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

Ikuti panduan-panduan di atas saat beli obat sehingga selain mendapatkan obat yang tepat, maka nantinya Anda juga akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap terkait dengan pengobatan yang diberikan, untuk menghindari resiko-resiko yang tidak diinginkan tentunya. Apalagi jika sudah berhubungan dengan kesehatan tidak bisa dipercayakan kepada sembarangan orang.
Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar