Update Informasi terbaru | 2019

Senin, 25 November 2019

Begini Cara Memperbaiki Bel Sepeda Motor yang Rusak

Begini Cara Memperbaiki Bel Sepeda Motor yang Rusak
sumber : otoflik.com
Keselamatan di jalan raya menjadi prioritas yang harus diutamakan bagi para pengendara. Nah, salah satu hal yang perlu Kamu perhatikan dalam mengendarai sepeda motor adalah kondisi onderdil motor yang harus dalam keadaan baik. Onderdil motor yang selalu dicek kondisinya akan menghindarkan kamu dari kecelakaan lalu lintas. Salah satu onderdil yang perlu dicek adalah klakson. Nah, berikut ini cara yang bisa Kamu lakukan jika klakson motor rusak.

Penyebab Bel Sepeda Motor Rusak

Penyebab Bel Sepeda Motor Rusak
sumber : inspirasipagi.id
Ketika bel sepeda motor tidak berbunyi, Kamu bisa mengecek beberapa hal yang menjadi penyebab bel sepeda motor rusak. Dengan mengecek penyebabnya akan mengurangi ongkos Kamu untuk membawa sepeda motor ke bengkel.

1. Cek Kondisi Aki
Biasanya penyebab bel motor tidak berbunyi adalah karena aki motor sudah soak. Agar bel sepeda motor bisa berfungsi kembali, kamu bisa mengganti aki yang sudah soak. Selain bel motor tidak berfungsi, salah satu indikator aki soak adalah lampu motor menyala tidak seterang biasanya.

2. Cek Kabel Klakson
Kamu bisa mengecek kabel bel motor. Biasanya ada dua kabel yang terhubung dengan bel motor tersebut, yaitu kabel listrik dan kabel massa. Jika salah satu dari kabel tersebut putus, maka otomatis bel motor tidak akan berbunyi.

3. Cek Baut Platina
Bel motor yang tidak berbunyi bisa dikarenakan baut platina yang ada di belakang bel motor berganti posisi. Hal ini dikarenakan bel motor sering digunakan ataupun terkena benturan. Baut platina yang tidak berada di posisi yang seharusnya akan membuat bel motor tidak berbunyi.

4. Cek Sakelar
Jika sakelar yang terdapat pada stang motor kotor atau terdapat karat, hal ini bisa menyebabkan bel motor tidak berfungsi. Kamu bisa membersihkan sakelar agar klakson bisa berfungsi kembali tanpa harus membawanya ke bengkel.


Cara Memperbaiki Bel Sepeda Motor yang Rusak

Cara Memperbaiki Bel Sepeda Motor yang Rusak
sumber : viva.co.id
Setelah Kamu mengetahui penyebab bel motor tidak berbunyi, Kamu bisa memperbaiki sendiri tanpa harus membawa motor ke bengkel. Pada bel motor yang tidak bisa berbunyi sama sekali atau yang mengalami kerusakan cukup parah, bisa jadi komponen yang terdapat pada klakson mengalami patah atau sudah rusak. Jika Kamu ingin memperbaikinya, Kamu bisa mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

Nah, untuk memperbaiki bel motor yang sudah rusak atau tidak bisa berbunyi nyaring, berikut langkah yang bisa Kamu lakukan:

1. Mengecek Kondisi Bel Motor Secara Keseluruhan
Kamu bisa mengecek kondisi bel motor dengan cara membuka bel motor dan melihat apakah ada bagian yang terlepas atau kotor. Ada baiknya saat Kamu membongkar bel motor, Kamu mengingat kembali bagaimana posisi semulanya.

2. Membersihkan Kotoran yang Menempel pada Bel Motor
Terkadang ada kotoran atau karat yang menempel pada komponen bel motor. Kamu bisa membersihkan kotoran yang menempel ataupun membersihkan karat dengan cairan antikarat.

3. Mencoba Bel Motor yang Sudah Diperbaiki
Jika kerusakan sudah ditemukan, Kamu bisa memperbaikinya sesuai dengan kondisi bel motor. Setelah kerusakan sudah teratasi, Kamu bisa mencoba membunyikan bel motor sebelum memasangnya kembali.

4. Kencangkan Semua Komponen Agar Terpasang Baik
Ketika bel motor sudah berbunyi, Kamu bisa memasangnya kembali sesuai dengan kondisi semula. Sebaiknya Kamu juga memastikan semua komponen terpasang dengan baik dan jangan lupa kencangkan baut platinanya.

Nah, itulah cara memperbaiki klakson sepeda motor yang tidak berbunyi. Dengan memperhatikan penyebab klakson yang tidak berbunyi akan membantu kamu untuk mengatasi permasalahan klakson motor yang rusak.
Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar