Update Informasi terbaru | 2019

Senin, 10 Juni 2019

Inilah Tips Agar Klaim Asuransi Kendaraan Tidak Ditolak

Inilah Tips Agar Klaim Asuransi Kendaraan Tidak Ditolak

Hal-hal yang tak terduga tentu saja tidak bisa Anda prediksikan kapan terjadinya, entah itu kejadian yang menyenangkan maupun menyedihkan. Hal tersebut bisa saja terjadi pada diri Anda sendiri maupun pada benda-benda berharga yang Anda miliki, seperti pada kendaraan. Untuk mengantisipai hal-hal yang tidak diinginkan, tentu Anda harus memberikan perlindungan pada kendaraan salah satunya dengan menggunakan asuransi kendaraan

Asuransi menjadi salah satu pilihan untuk melindungi kendaraan Anda dari musibah maupun bencana. Pihak asuransi akan mengganti biaya kerugian akibat kecelakaan ringan maupun berat, hingga kehilangan. Biaya ganti rugi tersebut bisa saja sepenuhnya maupun hanya sebagian, tergantung dari jenis asuransi apa yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan asuransi TLO, maka biaya ganti rugi hanya di atas 75%. Sedangkan jika menggunakan asuransi All Risk, Anda bisa mendapatkan biaya ganti rugi secara keseluruhan, baik ringan maupun berat.

Dengan beli asuransi mobil, maka Anda bisa berkendara tanpa cemas. Anda bisa bebas pergi kemanapun tanpa khawatir karena sudah ada jaminan biaya ganti rugi dari pihak perusahaan. Jika sewaktu-waktu Anda mengalami musibah, entah itu kecelakaan, kehilangan, atau kerusakan akibat bencana alam, maka Anda tinggal mengajukan klaim pada pihak asuransi terkait. Dengan begitu, pihak asuransi pun akan mengganti biaya kerusakan pada kendaraan Anda.

Namun proses klaim pada beberapa kasus tidak selalu berjalan mulus. Pihak perusahaan bisa saja menolak klaim Anda dikarenakan beberapa sebab. Beberapa penyebabnya diantaranya proses klaim yang tidak dilakukan dalam 3x24 jam, adanya dokumen atau berkas yang tidak lengkap, kerusakan yang terjadi secara disengaja atau akibat kelalaian sendiri, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut tentu akan mempersulit Anda mendapatkan biaya ganti rugi.

Agar Klaim Asuransi Tidak Ditolak

Anda harus memahami betul hal-hal apa saja yang bisa menghambat proses pengajuan klaim. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan tips-tips agar pengajuan klaim asuransi kendaraan tidak ditolak berikut ini.

1. Melaporkan klaim tepat waktu
Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu melakukan pelaporan klaim tepat waktu. Usahakan melapor tidak lebih dari 3x24 jam. Ketika Anda mengalami musibah atau kecelakaan lainnya, maka segera melaporkan kejadian tersebut kepada pihak asuransi agar proses klaim bisa berjalan dengan lancar.

2. Melengkapi dokumen-dokumen persyaratan
Jika dokumen-dokumen persyaratan tidak lengkap pada saat pengajuan klaim, makan otomatis klaim Anda akan ditolak oleh pihak perusahaan asuransi. Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan diantaranya fotokopi KTP, STNK, SIM, polis asuransi, surat keterangan dari pihak kepolisian, BPKB, dan lain-lain. Pastikan dokumen-dokumen tersebut tersimpan rapi.

3. Memberikan bukti kerusakan
Pada saat kendaraan Anda mengalami kerusakan akibat kecelakaan dan lain sebagainya, maka jangan lupa untuk mengambil gambar kerusakan tersebut sebagai bukti. Bukti tersebut nantinya akan dilaporkan kepada pihak perusahaan agar pengajuan klaim bisa segera diproses.

4. Jangan merusak kendaraan dengan sengaja
Biaya klaim yang tidak sedikit mungkin akan membuat Anda sedikit tergiur sehingga memutuskan untuk merusak kendaraan Anda dengan sengaja. Namun, pihak perusahaan tentu akan cermat dalam melihat masalah ini. Klaim tentu saja tidak akan diberikan jika kerusakan diakibatkan oleh kelalaian sendiri apalagi jika sengaja dirusakkan. 

5. Kendaraan tidak digunakan untuk hal-hal yang melanggar hokum
Klaim asuransi tidak akan diproses jika kendaraan yang Anda asuransikan digunakan untuk hal-hal yang melanggar hukum, seperti untuk mencuri, melakukan penipuan, dan lain sebagainya.

Itulah 5 tips agar klaim asuransi kendaraan Anda tidak ditolak. Jika Anda membutuhkan asuransi dalam waktu dekat, Anda bisa menggunakan asuransi kendaraan MSIG yang aman dan terpercaya.
Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar